Cari Blog Ini

Sabtu, 24 Juli 2010

Pengetahuan Geography

Geografi ada karena adanya perbedaan keruangan antara suatu daerah dengan daerah lainnya. Geografi menjelaskan bagaimana bentuk dan lapisan muka bumi, bisa berbentuk sedemikian rupa secara sistematis. Juga berkaitan dengan kegiatan manusia di muka bumi yang berbeda-beda tersebut. Perbedaan Geografi dengan ilmu-limu lainnya seperti Pertanian, Geologi, dan lainnya adalah dari pendekatan teorinya.

Pengertian geografi menurut para pakar:
  • Geografi adalah ilmu kausal yang mempelajari gejala-gejala di muka bumi beserta permasalahannya melalui Spatial Approach, Ecology Approach, dan Human Approach untuk program pembangunan jangka panjang, proses pembangunan dan menunjang pembangunan. (Bintaro, 1981)

  • Geografi adalah ilmu yang mempelajari geosfer dan komponen-komponennya secara terpadu (integrated), sistematik, dalam konteks keruangan dan lingkungan, serta wilayah untuk kepentingan negara, manusia (human civilization) dan ilmu pengetahuan atau pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan. (Sugeng Martopo)

  • Geografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena geosfer melalui pendekatan keruangan, ekologi, dan wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan dalam kompleks suatu wilayah untuk pembangunan berkelajutan